Tuesday, November 27, 2012

Tugas Teori Periklanan

 

Berorientasi Produk
Iklan PES 2013 ini juga memiliki Strategi Tawaran Unik Merk (USP)

          Strategi ini menggunakan perbedaan karakteristik fisik, atau atribut produk yang lebih unik dibandingkan dengan pesaing. Yang penting memberik manfaat kepada konsumen dan tidak bisa digantikan oleh pesaing.

          Strategi ini sesuai jika produk memiliki penyempurnaan teknologi, dan memberikan manfaat baru bagi konsumen.

Pada game terbarunya ini, Konami menambahkan 3 fitur baru yang pastinya akan membuat gamer akan semakin merasa semakin real ketika memainkan game Pro Evolution Soccer 2013 (PES 2013) ini. Fitur tersebut adalah 

Full Control, Pada fitur Full Control, gamer bisa mengendalikan secara penuh kepada para pemain mulai dari pergerakan, full manual shooting, full manual passing, dan full manual goal keeper. Di sini ditekankan pada eksplorasi secara penuh terhadap pemain seperti menggiring bola dan mengecoh lawan dengan berbagai trik dan gaya.

Player ID, Pada fitur Player ID menitik beratkan pada pergerakan dengan ataupun tanpa bola (dummy running) setiap pemain yang artinya kemampuan individu sangat di perhatikan. Fitur Player ID ini terdapat 2 fitur lagi yaitu :

          Player inviduality, dengan hanya melihat atribut akan memudahkan mengenali setiap pemain yang terbaik. Setiap pemain akan memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda-beda, misalnya waktu berjalan, menggiring bola, dan selebrasi gol.

          Indivduality to goal keeper, fitur ini merupakan fitur tambhan yang sebelumnya belum terlalu di perhatikan yaitu pergerakan penjaga gawang. dan Pro Active All Pada fitur ini belum terlalu jelas kelebihannya seperti apa tetapi Konami menjelaskan bahwa fitur tambahan ini dapat meningkatkan setiap respon para pemain di lapangan dan saat pertandingan.

Konsep dari iklan ini adalah keunggulan, jadi iklan ini memperlihatkan keunggulan atau fitur-fitur terbaru yang terdapat pada game ini.


STRATEGI CITRA MEREK

Strategi ini yang menekankan pada perbedaan dengan pesaing dibuat berdasarkan faktor diferensiasi psikologis dalam pikiran konsumen. Perbedaan lebih ditekankan pada emosional.

Biasanya menggunakan simbol-simbol sehingga soal membedakan citarasa secara psikologis, meski manfaat produk sama dengan pesaing

          Pada iklan Magnum Gold ini, tampak seorang tokoh wanita cantik sedang merencanakan perampokan besar dengan seorang tokoh pria.  Mereka ingin membobol brankas yang menyimpan emas (Gold) sebanyak 75 juta batang. Sang pria setuju dan beraksilah mereka.  Melewati keamanan yang ketat, mereka berhasil membobol brankas dan mendapat hadiahnya.  Siapa sangka, emas yang tersimpan dalam brankas bukanlah emas sungguhan, melainkan Magnum Gold yang berjejer padat dan berkilau indah bagai emas.  Sang pria yang melihat hal ini akhirnya menyadari arti emas yang sebenarnya.  Sedangkan sang wanita dengan lahap menikmati Magnum Gold.
 
Konsep dari iklan ini adalah kemewahan, Magnum Gold membidik segmentasi pasar dengan kelompok usia dewasa, dengan target para dewasa yang ingin menikmati es krim dan dengan posisi para dewasa dengan gaya hidup mengkonsumsi Magnum Gold untuk suatu kebanggaan.